Desain Interior, Kontraktor & Furniture Malang
Hubungi kami: +62 -822 3644 4481 atau +62-812 3320 1275
13th Oct 2017 | by: admin

Area dapur merupakan salah satu area yang penting bagi sebuah hunian. Apalagi dapur merupakan area yang digunakan setiap hari untuk aktivitas memasak. Karena itu, penting untuk menciptakan dapur yang nyaman dan fungsional. Sayangnya berbagai elemen penunjang dapur umumnya memiliki harga yang cukup mahal. Anda harus pintar-pintar atur strategi saat mendesainnya agar dapat menekan budget namun tetap dapat menciptakan dapur yang memadai dengan material yang fungsional, tahan lama, plus harga terjangkau. 

Desain-Dapur-Sederhana-1968882191-1501563995577

1. Kabinet Melamin

Jika Anda berencana membuat kabinet dapur atau yang disebut kitchen set, pergunakan bahan melamin untuk pintu kabinet dan laci kitchen set. Material melamin memiliki permukaan yang halus dengan pori-pori tertutup sehingga memberikan kesan mewah. Selain itu harganya juga jauh lebih terjangkau.

(Baca juga Trik Desain Rumah Sempit Mewah)

Anda dapat menghemat pengeluaran dan mengalokasikan dana untuk membuat permukaan meja dapur menggunakan bahan marmer atau granit.

2. Dinding Bata Ekspos

Salah satu langkah efektif untuk menghemat budget ialah dengan membiarkan dinding dapur tanpa cat. Anda bisa membuat desain bata ekspos yang menampakkan tumpukkan bata alami atau semen ekspose, finishing dinding sebatas lapisan semen.

Selain lebih hemat, desain ini akan memberikan kesan rustic yang alami sehingga membuat dapur Anda lebih berkarakter dan natural.

3. Bahan Batuan

Jika Anda memiliki dana lebih gunakan material batuan seperti granit atau marmer untuk material utama meja dapur. Memang akan lebih mahal, namun lihat keuntungannya untuk jangka panjang.

Material batuan tidak mudah rusak dan dapat tahan untuk waktu yang lama. Anda tak perlu lagi mengeluarkan dana lebih untuk pos perbaikan.

(Baca juga Tips Desain Ruang Tamu)

4. Pantry Berbahan Silestone

Jika material batuan terlampau mahal untuk Anda, alternatif lain ialah menggunakan bahan silestone. Material silestone lebih ekonomis dibandingkan granit atau marbel.

Material  silestone yang terdiri dari dari 94% batuan quartz dan 6% plastik ini juga baik untuk permukaan meja pantry karena tahan goresan, benturan, dan mudah dibersihkan.

5. Gunakan Semen Mikro

Untuk melapisi bagian-bagian seperti dinding dan lantai Anda dapat menggunakan mikro semen. Mikro semen merupakan lapisan berbasis semen dengan tebal sekitar 2 hingga 3 mm. Penggunaan lapisan ini akan membuat permukaan tampak halus seperti terbuat dari beton.

Tampilan ini juga cocok untuk menciptakan kesan industrial dan rustic yang membuat dapur menjadi elegan. Bahan mikro semen juga lebih murah dan tahan lama.

About the Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>