Desain Interior, Kontraktor & Furniture Malang
Hubungi kami: +62 -822 3644 4481 atau +62-812 3320 1275
5th Jan 2018 | by: admin

Harganya yang tidak murah membuat lantai granit dipandang sebagai sebuah kemewahan. Dibandingkan dengan jenis lantai lainnya, lantai granit lebih kokoh dan tidak mudah pecah. Permukaannya yang berkilau membuatnya tampak elegan.

Buat Anda yang tertarik memasang lantai granit di rumah, ada baiknya mengetahui terlebih dahulu serba-serbi lantai granit yang diulas di sini !

Kelebihan dan Kekurangan Lantai Granit

Lantai granit memang memiliki banyak kelebihan seperti tebal dan kuat. Meski begitu, permukaan lantai granit tetap halus dan sangat cemerlang, hal inilah yang membuat lantai granit tampak mewah. Selain mewah, kesan eksklusif juga didapat karena lantai granit hanya memerlukan minim bahkan tanpa sambungan sama sekali. Di samping itu, lantai granit lebih tahan lama juga tahan terhadap goresan dan noda. Meski memiliki keunggulan yang luar biasa, bukan berarti lantai granit tidak memiliki kekurangan. Pemasangan lantai granit cukup rumit, jadi sebaiknya menggunakan jasa profesional.

Pilihan Warna Pada Lantai Granit

Lantai granit memiliki beberapa warna yang sebaiknya dipilih berdasarkan fungsi ruang, sehingga karakter ruangan dan warna lantai granit dapat menjadi komposisi yang pas. Lantai granit berwarna biru juga bisa memberikan kesan megah pada kamar mandi. Sedangkan lantai granit warna putih cocok untuk ruang tamu atau ruang keluarga. Lantai granit berwarna hijau bisa memberikan kesan santai dan sejuk di perpustakaan atau ruang kerja. Biasanya, lantai granit berwarna cokelat muda pantas dipasang pada teras rumah.

Motif Lantai Granit

Selain warna, motif lantai granit juga harus selaras dengan desain ruangan. Misalnya saja, motif abstrak pas untuk menonjolkan kemewahan terutama jika dilengkapi dengan furnitur yang modern. Namun jika kamu suka nuansa yang lebih kalem, lantai granit polos mampu menghadirkan ketenangan di ruang keluarga.

Lantai granit bercorak geometris cocok untuk desain ruangan yang klasik dan elegan, ruang tamu bahkan ruang kerjamu dapat terlihat menawan. Jika ingin menghadirkan kesan yang hangat dan anggun, lantai granit bermotif floral pas dipasang pada kamar tidur atau ruang keluarga. Paduan lantai granit bermotif floral dengan perabot berbahan kayu akan menghasilkan kesan natural.

Lantai Granit untuk Teras yang Menarik Perhatian

Tampilan muka rumah seperti teras harus diperhatikan karena mampu membangun kesan pertama. Jika kamu ingin kesan mewah terpancar dari rumahmu, lantai granit dapat menarik perhatian mata. Lantai granit yang terasa dingin bisa memberikan sensasi sejuk pada desain teras di rumah, sehingga bersantai atau acara ngumpul di teras jadi lebih nyaman.

Di sisi lain, lantai granit juga tahan air dan jamur, sehingga tidak mudah rusak oleh cuaca. Teras juga biasanya tidak memakai banyak furnitur sehingga bisa mengurangi gesekan pada lantai granit. Dari sisi estetika, permukaan berbintik pada lantai granit dapat memberikan nuansa alami pada teras.

Lantai Granit untuk Ruang Tamu yang Artistik

Jika kamu ingin membuat tamu dan kerabat terkagum dengan desain interior rumahmu, maka yang akan pertama kali mereka rasakan adalah ruang tamu. Lantai granit pada ruang tamu dapat memberikan kesan mewah, terutama pada ruang tamu bergaya kontemporer.

Namun jangan lupa untuk selalu seimbang, jika kamu mau menunjukkan keberadaan lantai granit dengan memilih warna yang cenderung gelap, maka gunakanlah furnitur berwarna terang seperti putih atau pastel. Sebaliknya, jika kamu ingin menunjukkan suasana yang bersih dan terang, lantai granit berwarna putih cocok diaplikasikan.

Lantai Granit untuk Kamar Tidur yang Sejuk

Siapa bilang lantai granit tidak cocok dipasang di kamar tidur? Jika kamu tinggal di daerah bersuhu tinggi, lantai granit justru bisa memberikan kesejukan pada kamar tidur. Di samping itu, tentu saja kamu juga berhak merasakan kemewahan lantai granit saat menghabiskan waktu di dalam kamar. jika kamu ingin nuansa klasik yang menawan, lantai granit bercorak kayu dapat dipilih.

Lantai Granit untuk Dapur yang Elegan

Dapur yang elegan berkat sentuhan lantai granit pastinya bisa membangkitkan mood dalam memasak. Selain membuat dapur tampak lebih mewah, noda yang biasa dihasilkan saat memasak dan jatuh pada lantai jadi lebih mudah dibersihkan. Hasilnya, dapur tidak gampang terlihat kotor.

Jika kamu memiliki desain dapur kecil, kamu bisa memasang lantai granit tanpa sambungan untuk ilusi yang lebih lapang. Jangan pernah memotong lantai granit berbentuk kotak-kotak besar karena hanya akan membuat ruangan semakin terasa kecil. Dalam pemilihan warna, kombinasi lantai granit berwarna gelap dengan peralatan masak stainless steel mampu memberikan nuansa modern yang mewah.

Lantai Granit untuk Kamar Mandi yang Megah

Selain memberikan tampilan mewah ala kamar mandi hotel berbintang, lantai granit cocok sekali dipasang pada kamar mandi karena komposisinya yang lebih padat sehingga tidak menyerap air. Di samping itu, meski permukaan lantai granit terasa lembut namun teksturnya tetap kesat sehingga tidak licin. Tak perlu khawatir soal kekuatan lantai granit, lantai jenis ini tidak mudah retak seperti lantai keramik.

Kamu bisa memilih warna yang lebih gelap seperti hitam atau abu-abu untuk tampilan kamar mandi yang lebih rileks dan ornamen berwarna cerah seperti merah atau kuning sebagai aksen.

Pemasangan Lantai Granit

Pemasangan lantai granit diawali dengan membuat dasaran berupa lapisan semen. Agar nantinya lantai granit bisa terpasang dengan rapi, lapisan semen dibuat sedatar mungkin. Setelah itu, lapisan semen yang telah mengering ditutupi oleh perekat.

Selanjutnya, pasanglah lantai granit dari dalam ke luar. Hal ini berarti kamu harus memasangnya mulai tengah ruangan hingga ke tepi dan bukan sebaliknya. Karena jika tidak, pemasangan lantai granit akan berantakan. Apabila lantai granit sudah terpasang, dibutuhkan waktu sekitar 2-3 hari agar lantai granit mengering. Untuk menghindari kesalahan, kamu sebaiknya menggunakan jasa profesional.

Perawatan Lantai Granit

Agar lantai granit tahan lama, tentu saja dibutuhkan perawatan yang sesuai dengan karakteristiknya. Untuk membersihkannya dari kotoran, tidak perlu menggunakan air tetapi cukup dengan mengusapkan lap yang agak lembab. Setelahnya, jangan lupa cepat dikeringkan dengan lap kering. Dalam beberapa minggu sekali, gunakanlah cairan pembersih khusus granit agar tidak ada noda kerak. Hindari cairan asam atau yang bersifat abrasif mengenai lantai granit. Untuk menghindari goresan, gunakan kain yang agak tebal sebagai alas kaki furnitur.

About the Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>