Desain Interior, Kontraktor & Furniture Malang
Hubungi kami: +62 -822 3644 4481 atau +62-812 3320 1275
16th May 2017 | by: admin

Dapur mulai bergeser menjadi gaya hidup, bukan fungsi saja tetapi sebagai kenyamanan dan estetika. Fungsinya juga tak hanya sebagai tempat memasak, tetapi menjadi tempat berkumpul keluarga dan teman. Mendesain kitchen set memerlukan perencanaan yang matang. Kabinet ergonomis, layout tepat, lighting memasak dan penghawaan yang baik merupakan kiat mendapatkan kitchen set impian. Pada dasarnya, dapur yang baik adalah dapur yang sesuai kebutuhan. Dapur masa kini cenderung tampil menarik, tanpa banyak perkakas menggantung dan di taruh di atas lemari. Dapur juga tak harus memiliki ruang sendiri dengan batasan dinding.

Solusi dapur mini

  1. Gunakan Gaya Minimalis

Salah satu konsep untuk menciptakan kesan luas pada ruang dengan luas terbatas adalah dengan membuat ruangan berkesan besih dan simple. Konsep ini sangat cocok dengan konsep desain bergaya minimalis yang cenderung tampil polos, sederhana, minim ornament, tetapi tetap tampil elegan.

  1. Gunakan Cermin

Kehadiran cermin dalam dapur yang mini mampu memanipulasi visual ruang menjadi lebih lapang. Bahkan, top table terlihat lebih luas dari ukuran aslinya.

  1. Gunakan Warna Terang

Warna terang juga membuat dimensi kitchen set terlihat lebih lapang. Warna muda cenderung lebih pucat jika dipilih sebagai warna dominan. Solusinya, gunakan warna dinding lebih tua dari warna cabinet kitchen set atau gunakan cermin sebagai material backsplash yang dapat memantulkan bayangan dan memberi efek lapang.

  1. Gunakan Kabinet Atas yang Ramping

Untuk menyiasati dapur yang sempit, gunakan beberapa cabinet yang tersusun secara vertical dengan ukuran yang sama, dan digantung terpisah. Cara ini dapat menambah kesan ramping pada dapur.

kitchen built in

  1. Kabinet tertanam di dinding

Salah satu cara memberi kesan lapang adalah dengan cabinet built-in.

Mengoptimalkan Dapur

  1. Penghawaan

Agar terhindar dari kondisi lembab, dapur perlu bukaan cukup untuk mengalirkan asap, baru, dan aroma masakan. Atau gunakan cookerhood (penghisap asap), karena cookerhood mampu mengisap dan membuang asap masakan keluar ruangan. Akan tetapi, meski dapur memiliki cookerhood, bukaan jendela tetap diperlukan karena ruangan memerlukan sirkulasi udara untuk menjaga kelembapan ruang.

  1. Pencahayaan

Pencahayaan juga diperlukan untuk mendapat kenyamanan saat bekerja di dapur. Pencahayaan dapur dibagi menjadi 3, yaitu:

  • Pecahayaan Utama (General Lighting)
  • Meja Kerja (Task Lighting)
  • Dekoratif (Dekoratif Lighting)

 

 

 

Save

About the Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>