Desain Interior, Kontraktor & Furniture Malang
Hubungi kami: +62 -822 3644 4481 atau +62-812 3320 1275
16th Jun 2017 | by: admin

Sofa merupakan salah satu perabot yang paling penting dijaga kebersihannya. Tak hanya rentan terhadap debu dan kotoran di permukaannya, bau tak sedap juga dapat dengan mudah terserap ke dalam sofa. Oleh karena itu kebersihannya harus selalu dijaga agar tampilan sofa tetap selalu prima.

Berikut tips dan trik cara membersihkan dan menghilangkan bau tak sedap pada sofa

Jika pelapis sofa Anda bisa dilepas, Anda tinggal melepasnya dan mencucinya menggunakan tangan sesuai petunjuk di label pelapis sofa. Jika tak ada kain pelapis yang bisa dilepas, Anda bisa menggunakan vacum cleaner untuk menyedot debu dengan ujung berbentuk sikat halus. Cara lainnya, Anda bisa mengeluarkan sofa di pagi hari untuk dijemur di bawah sinar matahari untuk menghilangkan kuman dan bakteri yang menempel di permukaan sofa. Untuk menghilangkan bau tak sedap pada sofa, caranya ada beragam mulai menggunakan baking soda, kopi, cuka, maupun bahan kimia. Tuangkan baking soda di atas sofa, diamkan semalam penuh, lalu bersihkan menggunakan penyedot debu di pagi harinya. Untuk menggunakan kopi, taruh kopi dalam penyaring kopi dan ikat dengan erat lalu letakkan di wadah-wadah yang disebar di atas permukaan sofa selama beberapa jam untuk menyerap bau tak sedap. Untuk cuka, cukup celupkan selembar kain lembut dan letakkan di atas atau tak jauh dari sofa, diamkan beberapa jam untuk menyerap bau tak sedap pada sofa. Sedangkan untuk penggunaan cairan kimia selalu baca label petunjuk penggunaannya.

Untuk membersihkan cairan atau tumpahan makanan pada sofa sebaiknya langsung setelah adanya tumpahan. Gunakan kain mikrofiber yang ditetesi cuku atau tissue basah untuk membersihkan area yang terkena tumpahan. Ingat untuk selalu mencoba dulu di bagian kecil sofa yang tak terlihat untuk memastikan warna sofa tidak akan rusak atau pudar.  Untuk mengeringkannya, paling bagus adalah dengan menggunakan angin alami. Perawatan untuk sofa kulit berbeda lagi. Jangan gunakan air karena akan meninggalkan bekas noda air. Sabun lembut atau shampo khusus bahan kulit adalah pilihan yang paling tepat. Hindari juga paparan sinar matahari langsung untuk mencegah permukaan sofa retak-retak dan terkelupas.

 

 

About the Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>