Desain Interior, Kontraktor & Furniture Malang
Hubungi kami: +62 -822 3644 4481 atau +62-812 3320 1275
22nd Jan 2018 | by: admin

Anda termasuk pemilik rumah berukuran kecil? Rumah kecil bisa jadi istana pribadi yang super nyaman dan ideal loh. Kuncinya adalah teknik dekorasi yang baik, desain yang pas dan pemilihan elemen- elemen interior yang cocok.

Rumah kecil juga bisa punya ruang tamu yang nyaman dan membuat betah jika ditata dengan tepat, ruang tamu kecil bukan hanya jadi tempat yang membuat penghuni rumah bangga, tapi membuat tamu kagum juga! Berikut tips saat mendesain ruang tamu kecil!

1. Bermain Dengan Warna Netral

Salah satu trik paling popular dalam mendesain ruang tamu kecil adalah dengan penggunaan palet warna yang kalem dan netral. Tidak dapat dipungkiri jika  pemilihan warna yang tepat, serta dekorasi rumah yang dipilih akan sangat menentukan aura ruangan hingga mood pemilik rumah.

2. Desaim Ruang Tamu Kecil Terlihat Luas dengan Cermin

Tips paling klasik tapi efektif dalam menghadapi ruang tamu kecil adalah dengan dekorasi cermin cantik di ruangan. Cermin punya efek memantulkan yang bisa membuat ruang tamu kecil terlihat lebih luas secara instant. Penempatan cermin juga penting, tempatkan cermin ruang tamu kecil berdekatan atau tepat dengan sumber cahaya, ruangan yang penuh dengan cahaya akan memberi kesan luas. Untuk ruang tamu kecil dengan jendela, tempatkan cermin berseberangan dengan jendela.

 

3. Tonjolkan Sisi Atas Desain Ruang Tamu Kecil

Sebuah ruangan punya dimensi vertikal dan horizontal. Untuk ruang tamu kecil dengan langit- langit yang tinggi, manfaatkan ruang ekstra di bagian atas untuk menampilkan kesan yang lebih luas. Di langit-langit yang tinggi, Anda bisa menghiasinya dengan lampu gantung atau memasang tirai panjang dari ujung langit-langit sampai ke lantai.

4. Pilih Perabot Dengan Tampilan Effortless

Perabot yang punya kesan ringan atau effortless adalah koleksi furnitur yang berbobot lebih ringan, baik dari segi tampilan maupun bobot aslinya. Bandingkan antara sofa tebal dengan kursi duduk empuk berkaki kayu atau besi tipis. Sama halnya dengan meja, hindari meja dan kursi dengan kaki yang tebal di ruang tamu kecil. Sedangkan dari segi bahan, meja kaca juga akan lebih atraktif secara visual, kaca yang transparan juga membuat ruangan terlihat luas dibandingkan dengan meja kayu yang padat dan kaku.

5. Ganti Meja Samping Dengan Rak Tinggi

Daripada menambahkan sebuah meja kecil untuk meletakkan pernak- pernik atau dekorasi ruang tamu kecil, sebaiknya Anda menaruh sebuah rak atau kabinet vertikal yang lebih fungsional. Anda bisa mendapatkan lebih banyak tempat penyimpanan untuk memperindah ruang tamu kecil.

6. Manfaatkan Dinding Sebagai Area Tambahan

Dinding bisa jadi kanvas ideal untuk menampilkan dekorasi seperti bingkai, cermin dan hiasan lain di ruang tamu kecil. Tetapi Anda juga bisa menambahkan benda yang memang punya fungsi untuk ruang tamu kecil, seperti lampu gantung, meja tambahan, rak gantung, dan perabot juga furnitur fungsional lainnya sebagai storage tambahan pada ruang tamu.

7. Pilih Perabot Dengan Manfaat Ekstra

Meja tamu sekaligus merangkap meja kerja? Meja tarik dengan tatakan untuk laptop? Sofa kecil dengan laci rahasia? Atau sofa yang bisa ditarik kapan saja untuk tempat beristirahat ekstra? Untuk kalian yang punya ruang tamu kecil, bukan tidak mungkin bermain dengan perabot-perabot dengan desain kreatif multifungsi. Karena keterbatasan ruang, Anda harus pintar-pintar dalam memilih perabot yang berkualitas dan smart demi memenuhi tuntutan untuk ruang yang lebih besar dan memadai.

8. Dekorasi Bernuansa Keemasan

Ruang tamu kecil juga bisa tampil glamor dengan sentuhan keemasan yang ekslusif. Bahkan, dengan memberikan sedikit dekorasi berwarna emas, ruang tamu kecil akan tampil lebih elegan. Dekorasi  bertema keemasan juga tepat untuk ruang tamu kecil. Di sini, dekorasi menjadi spotlight bagi keseluruhan dekorasi di dalam ruangan.

9. Posisikan Rak Pajangan Secara Ideal

Menempatkan sebuah rak tinggi untuk buku atau pajangan tepat di belakang sofa adalah cara yang efektif untuk menambahkan visual yang indah sekaligus menambah fungsi storage yang sangat dibutuhkan di ruang tamu kecil.

10. Pilih Tema Favorit Secara Konsisten

Apapun pilihan tema interior ruang tamu kecil, pastikan mengaplikasikannya secara penuh dan konsisten. Gunakan formula dasar seperti perabot berkesan ringan, warna-warna netral dan dekorasi yang wajib seperti cermin atau karya seni di dinding, lalu bubuhkan tema kesayangan untuk ruang tamu kecil sehingga tercapai sebuah ruang keluarga yang nyaman, apik dan betah untuk dinikmati.

About the Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>